KEUNTUNGAN FINANSIAL DARI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS)

Dalam Kp3 Medical Newsletter lalu, kita telah menelusuri proses dalam memilih suatu Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Pada edisi ini kita akan melihat manfaat apa yang bisa Anda dapatkan setelah mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).
Ketika suatu rumah sakit mengimplementasikan SIMRS, faktor kebutuhan utama adalah memperbaiki kinerja keuangan dari rumah sakit tersebut. Yang penting untuk dipahami adalah bahwa peranan SIMRS dalam mendorong perbaikan kinerja keuangan lebih banyak secara tidak langsung dibandingkan secara langsung.

Pengimplementasian SIMRS akan mendorong perubahan operasional yang pada akhirnya akan berdampak pada perbaikan kinerja keuangan rumah sakit. Beberapa aspek operasional yang paling sering mengalami perubahan secara signifikan sebagai hasil dari penerapan sebuah SIMRS adalah:

  • Patient tracking

Pencatatan pergerakan pasien dengan menggunakan kertas ataupun papan tulis seringkali menimbulkan resiko hilangnya data dalam proses yang seringkali mengakibatkan staff kehilangan banyak waktu hanya untuk mencari pasien dan kemudian mengubah data pasien tersebut secara manual. Dengan menggunakan SIMRS, kendala-kendala tersebut dapat dikurangi, sehingga perbaikan dan efisiensi kinerja staff dapat tercapai. Selain itu SIMRS mampu melakukan pencatatan waktu layanan secara akurat sesuai dengan pergerakan proses pelayanan. Data ini akan sangat membantu untuk program perbaikan layanan.

  • Supply usage

Saat pelaksanaan pelayanan, berbagai macam obat-obatan dan perlengkapan akan digunakan. Pada umumnya rumah sakit sudah memiliki sistem pencatatan secara manual, misalnya charge sheet. Penggunaan SIMRS akan membantu otomatisasi pencatatan yang secara signifikan akan memperbaiki data pemakaian obat-obatan dan inventaris medis. (Sebagai catatan, kebanyakan SIMRS tidak menyediakan supply management system, namun sebagian besar SIMRS telah memasukkan fungsi-fungsi dasar untuk menunjang supply charging and tracking). Dengan menggunakan sistem manual, akan sulit diketahui penggunaan barang-barang tersebut apakah dikarenakan “pembuangan (karena tidak layak pakai)” atau pencurian yang dilakukan oleh karyawan. Di area seperti kamar operasi, supply tracking yang tidak akurat dapat menyebabkan kerugian finansial yang cukup besar. Dengan mengatur biaya-biaya secara efektif, dapat memberikan dampak positif bagi organisasi.

  • Billing accuracy

Data penagihan secara elektronik pada SIMRS memberikan lebih banyak proses pemeriksaan ketepatan penagihan dibandingkan proses manual (paper based). Sebagai contoh, data penagihan kepada pihak asuransi akan lebih akurat sehingga proses reimbursement akan lebih cepat, efisiensi kinerja karyawan lebih tinggi, pasien akan merasa lebih nyaman dan proses penerimaan pembayaran dari asuransi akan lebih cepat. Juga, apabila pembayaran jasa konsultasi dokter diperlukan, maka pelacakan biaya dan pembayaran secara akurat akan jauh meningkatkan kemampuan perkiraan arus kas rumah sakit.
Perbaikan Lain

  • Proses penerimaan pasien lebih cepat

Informasi pasien seperti nama, tanggal lahir, alamat, dsb, yang dapat dengan segera diakses melalui SIMRS, mempercepat pemberian pelayanan kesehatan pada pasien.

  • Konsistensi pembiayaan

Pelayanan yang sama mungkin akan membebankan biaya yang berbeda, tergantung pada siapa yang menyediakan pelayanan tersebut, status pasien, atau siapa yang memasukkan biaya ke dalam sistem. Dalam banyak kasus, hal ini mungkin tidak diinginkan karena sulit bagi rumah sakit untuk memprediksi arus kas. Dengan menghubungkan kode-kode biaya ke dalam master price list dalam SIMRS, akan lebih memudahkan menerapkan konsistensi biaya. Selain itu, jika asuransi pribadi maupun pemerintah merupakan komponen dari pembayaran, konsistensi dalam informasi biaya akan membantu memaksimalkan biaya atas pelayanan yang diberikan.

  • Kemampuan lebih cepat untuk mengaplikasikan perubahan

Apabila supplier tiba-tiba menaikkan harga sebuah item, perubahan akan dapat segera diaplikasikan ke seluruh organisasi melalui update data di SIMRS. Dalam sistem manual, informasi kenaikan harga tersebut seringkali hilang (tidak dihiraukan) atau butuh waktu yang lama untuk didistribusikan.
Bagaimana Dengan Kualitas Pelayanan Medis dan Keuangan?
Berbagai literatur banyak membahas tentang bagaimana peningkatan kualitas pelayanan medis dapat memberikan keuntungan kepada pasien, namun hanya sedikit yang membahas mengenai bagaimana peningkatan kualitas klinis dapat memberi keuntungan secara finansial. Hal ini terutama dikarenakan 2 faktor, yaitu:

  1. Sebagian besar SIMRS hanya menyediakan informasi keuangan pada tingkatan high level, sehingga sulit dihubungkan secara langsung kedalam tolak ukur kualitas pelayanan medis dan
  2. Peningkatan kualitas pelayanan seringkali berujung pada pelayanan medis yang selektif yang sedikitnya akan mempengaruhi posisi keuangan rumah sakit.

Hal ini bukan berarti bahwa suatu rumah sakit tidak dapat meningkatkan kualitas pelayanan medis secara bersamaan dengan peningkatan kinerja keuangan. Penekanannya adalah bahwa dengan adanya SIMRS, peningkatan kualitas pelayanan medis lebih disebabkan oleh perbaikan proses pelayanan.
Kesimpulan

Suatu organisasi rumah sakit yang merubah proses pencatatan secara manual (paper-based system) menjadi SIMRS dipastikan akan mendapatkan peningkatan kinerja keuangan secara signifikan. Dampak positif ini akan terlihat dengan semakin meningkatnya kompleksitas proses penagihan sebagai akibat pilihan pembiayaan yang semakin bervariasi (misalnya dari asuransi pribadi) atau akibat kebutuhan detil pelaporan pembayaran asuransi. Penerapan SIMRS akan memerlukan perubahan operasional yang signifikan dalam organisasi yang membutuhkan dukungan penuh dari manajemen senior serta para dokter. Dan yang paling penting, jangan menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk membuat SIMRS yang akan diimplementasikan untuk sesuai dengan proses yang berjalan pada saat ini. Sebaliknya analisa dan reka ulang proses-proses tersebut sesuai dengan proses yang sudah dibangun di SIMRS. Dalam jangka panjang, hal ini akan membuat SIMRS lebih mudah dan lebih murah untuk disupport.

Categories: Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Artikel

PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK

PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK Pada dasarnya Rekam Medis Elektronik (RME) adalah penggunaan metode elektronik untuk pengumpulan, penyimpanan, pengolahan serta pengaksesan rekam medis pasien di rumah sakit yang telah tersimpan dalam suatu sistem manajemen basis data Read more…

Artikel

CARA PEMILIHAN SIMRS YANG TEPAT

CARA PEMILIHAN SIMRS YANG TEPAT Pengelola suatu organisasi kesehatan yang akan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pasti akan timbul berbagai macam pertanyaan, diantaranya sebagai berikut: Bagaimana memilih SIMRS yang tepat? Mengapa hal tersebut Read more…

Artikel

PENTINGNYA APLIKASI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER DI RUMAH SAKIT

PENTINGNYA APLIKASI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER DI RUMAH SAKIT Pendidikan masyarakat dan akses informasi tentang kesehatan yang semakin tinggi menyebabkan tingginya tuntutan kebutuhan kesehatan. Guna memenuhi tuntutan pelayanan kesehatan tersebut, maka komputerisasi sangat dibutuhkan di Read more…