PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK

Pada dasarnya Rekam Medis Elektronik (RME) adalah penggunaan metode elektronik untuk pengumpulan, penyimpanan, pengolahan serta pengaksesan rekam medis pasien di rumah sakit yang telah tersimpan dalam suatu sistem manajemen basis data multimedia yang menghimpun berbagai sumber data medis. Jenis data rekam medis dapat berupa teks (baik yang terstruktur maupun naratif), gambar digital (jika sudah menerapkan radiologi digital), suara (misalnya suara jantung), video maupun yang berupa biosignal seperti rekaman EKG. Yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa proses adopsi inovasi RME di Indonesia berjalan lambat? Selain itu, yang tidak kalah pentingnya, bagaimana mempercepatnya?


Tantangan dalam Menerapkan Rekam Medis Elektronik
Tidak ada kasir rumah sakit yang menolak pendapat bahwa komputer mampu memberikan pelayanan penagihan lebih cepat dan efektif dibanding sistem manual. Sebaliknya, berapa banyak dokter dan perawat yang percaya bahwa pekerjaan mereka akan menjadi lebih cepat, lebih mudah dan lebih aman dengan adanya komputer?
Ada perawat yang menolak menggunakan komputer dengan alasan bahwa tugas utama mereka adalah asuhan keperawatan sedangkan menggunakan komputer merupakan pekerjaan administratif. Sehingga, ada yang mengatakan bahwa jika generasi dokter yang sudah tua, kolot dan gaptek berganti dengan dokter muda yang computer literate maka menerapkan RME menjadi lebih mudah.
Beratnya tantangan ini tidak berarti serta merta menutup peluang yang ada. Dari sisi pengguna, sebenarnya dokter yang semakin computer literate dengan teknologi informasi juga terus meningkat. Oleh karena itu, saat ini aplikasi yang berkembang mengarah kepada teknologi web yang menjanjikan portabilitas data yang lebih baik. Aplikasi ini juga didukung oleh teknologi wireless yang memungkinkan dokter dapat melakukan entry data di samping tempat tidur pasien secara langsung (computerized physician order entry).
Upaya pengembangan sistem informasi klinis ini diharapkan dapat mendongkrak mutu pelayanan (pencegahan kesalahan peresepan obat), produktivitas klinisi (rekam medis dapat diakses secara cepat dan bersama-sama), serta mendorong efisiensi (menghindari permintaan pemeriksaan laboratorium berulang dikarenakan kertas hasil pemeriksaan sebelumnya tercecer).

Mempercepat Adopsi Rekam Medis Elektronik
Untuk mendorong minat dan adopsi RME, manfaat dan potensinya harus terus menerus disosialisasikan. Sebagai contoh, RME mampu menyimpan data pasien dalam jumlah yang besar hanya menggunakan perangkat komputer yang bisa dijinjing. Meskipun belum ada Rekam Medis Elektronik yang benar-benar sempurna, secara teknologi sebenarnya sudah dalam fase mature.
Menjadikan RME sebagai bagian dari kebutuhan dokter merupakan bagian dari proses difusi inovasi. Di setiap generasi, akan selalu ada early adopters yang akan menjadi pionir dalam mengadopsi perkembangan terkini. Dia pulalah yang akan menjadi role model bagi sesama sejawat. Dalam berbagai literatur mengenai keberhasilan adopsi RME, aspek clinical leadership ini sering mengemuka.

Akhirnya kunci yang paling menentukan apakah RME akan diadopsi atau tidak terletak pada ada tidaknya kebutuhan, bukan teknologinya, baik menurut dokter maupun manajemen rumah sakit. Selama dokter merasa mampu memberikan pelayanan yang terbaik seperti saat ini, maka proses adopsi akan berjalan lambat. Selama pihak manajemen juga tidak memiliki persepsi yang positif dan menganggap kebutuhan informasi di tingkat manajemen hanya berkisar mengenai BOR (Bed Occupancy Rate), LOS (Average Length of Stay), TOI (Turn Over Interval) maka RME hanya akan menjadi wacana.

Categories: Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Artikel

SOSIALISASI PENDAFTARAN ONLINE RSUD CIBINONG

Demo sistem antrian berbasis online RSUD Cibinong, Kini pasien rawat jalan RSUD Cibinong akan mendapat kemudahan dalam melakukan pendaftaran rawat jalan. RSUD Cibinong telah menerapkan sistem registrasi online bagi pasien layanan rawat jalan. Masyarakat tidak perlu repot-repot Read more…

Artikel

KEUNTUNGAN FINANSIAL DARI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS)

KEUNTUNGAN FINANSIAL DARI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) Dalam Kp3 Medical Newsletter lalu, kita telah menelusuri proses dalam memilih suatu Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Pada edisi ini kita akan melihat manfaat apa Read more…

Artikel

CARA PEMILIHAN SIMRS YANG TEPAT

CARA PEMILIHAN SIMRS YANG TEPAT Pengelola suatu organisasi kesehatan yang akan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pasti akan timbul berbagai macam pertanyaan, diantaranya sebagai berikut: Bagaimana memilih SIMRS yang tepat? Mengapa hal tersebut Read more…